Konfigurasi Halaman

Konfigurasi halaman sebagian besar dipakai oleh TPageService untuk memodifikasi atau menambahkan konfigurasi aplikasi. Seperti ditunjukan oleh namanya, konfigurasi halaman dikaitkan dengan direktori yang menyimpan beberapa file halaman. Ia disimpan sebagai file XML bernama config.xml.

Ketika pengguna meminta halaman yang disimpan di bawah <BasePath>/dir1/dir2, TPageService akan mencoba untuk mengurai dan mengambil file config.xml di bawah <BasePath>, <BasePath>/dir1 dan <BasePath>/dir1/dir2. Path, modul, dan parameter yang ditetapkan dalam file konfigurasi ini akan ditambahkan atau digabungkan ke dalam konfigurasi aplikasi yang sudah ada. Di sini <BasePath> seperti yang didefinisikan dalam layanan halaman.

Format file konfigurasi halaman adalah sebagai berikut,

<paths>, <modules>, <parameters> dan <include> mirip dengan itu dalam konfigurasi aplikasi. Elemen <authorization> menetapkan aturan otorisasi yang berlaku pada direktori halaman saat ini dan seluruh subdirektorinya. Untuk lebih jelasnya, lihat seksi otentikasi dan otorisasi. Elemen <pages> menetapkan nilai awal untuk properti halaman. Setiap elemen <page> menetapkan nilai awal untuk halaman tertentu yang diidentifikasi oleh atribut id. Nilai properti awal yang diberikan dalam elemen <pages> element berlaku untuk semua halaman dalam direktori dan subdirektori saat ini.

Spesifikasi lengkap dari konfigurasi halaman dapat ditemukan dalam file DTD dan XSD.

Sejak versi 3.1.1, atribut id dalam elemen <page> bisa berupa path halaman relatif yang mengarah ke halaman di dalam subdirektori pada direktori yang berisi konfigurasi halaman. Sebagai contoh, id="admin.Home" merujuk ke halaman Home di bawah direktori admin. Atribut id juga bisa berisi wildcard '*' untuk menemukan seluruh halaman di bawah direktori yang ditetapkan. Sebagai contoh, id="admin.*" merujuk ke seluruh halaman di bawah direktori admin dan subdirektorinya. Peningkatan ini membolehkan para pengembang untuk memusatkan konfigurasi halamannya (misalnya menyimpan semua inisialisasi semua halaman dalam konfigurasi aplikasi atau konfigurasi akar halaman.)