Membangun Aplikasi Obrolan AJAX

Tutorial ini memperkenalkan kerangka kerja aplikasi web Prado ActiveRecord dan Kontrol Aktif untuk membangun aplikasi web Chat. Diasumsikan bahwa Anda sudah terbiasa dengan PHP dan akan telah mengakses server web yang dapat melayani naskah PHP5. Aplikasi chat dasar ini akan memanfaatkan ide/komponen berikut dalam Prado.

Dalam tutorial ini Anda akan membangun sebuah aplikasi web Chat AJAX yang membolehkan multipel pengguna untuk berkomunikasi melalui web browser mereka. Aplikasi terdiri dari dua halaman: halaman masuk yang menanyakan pada pengguna untuk memasukkan nama panggilannya dan halaman aplikasi chat utama. Anda dapat mencoba aplikasi secara lokal atau di Pradosoft.com. Aplikasi chat utama ditampilkan di bawah ini. class="figure" />

Download, Instalasi dan Buat Aplikasi Baru

Langkah download dan instalasi mirip dengan Tutorial pengubah kurs. Untuk membuat aplikasi, kita menjalankan dari baris perintah berikut. Lihat Piranti Baris Perintah untuk lebih jelasnya. php prado/framework/prado-cli.php -c chat

Perintah di atas membuat struktur direktori yang diperlukan dan file minimal (termasuk "index.php" dan "Home.page") untuk menjalankan aplikasi web Prado. Sekarang Anda dapat mengarahkan URL browser Anda ke server web untuk melayani naskah index.php dalam direktori chat. Anda seharusnya melihat pesan "Welcome to Prado!"

Otentikasi dan Otorisasi

Tugas pertama untuk aplikasi ini adalah memastikan bahwa setiap pengguna dari aplikasi chat memiliki nama pengguna (dipilih oleh pengguna) unik. Untuk melaksanakan ini, kita akan mengamankan halaman aplikasi chat utama untuk menolak akses bagai pengguna anonim. Pertama, mari kita membuat halaman Login dengan kode berikut. Kita simpan Login.php dan Login.page dalam direktori chat/protected/pages/ (di sana harus ada file Home.page yang dibuat oleh piranti baris perintah).

<?php class Login extends TPage { } ?> Prado Chat Demo Login <com:TForm>

Prado Chat Demo Login