summaryrefslogtreecommitdiff
path: root/demos/blog-tutorial/protected/pages/Day2/id/ConnectDB.page
diff options
context:
space:
mode:
Diffstat (limited to 'demos/blog-tutorial/protected/pages/Day2/id/ConnectDB.page')
-rwxr-xr-xdemos/blog-tutorial/protected/pages/Day2/id/ConnectDB.page46
1 files changed, 0 insertions, 46 deletions
diff --git a/demos/blog-tutorial/protected/pages/Day2/id/ConnectDB.page b/demos/blog-tutorial/protected/pages/Day2/id/ConnectDB.page
deleted file mode 100755
index b9610d21..00000000
--- a/demos/blog-tutorial/protected/pages/Day2/id/ConnectDB.page
+++ /dev/null
@@ -1,46 +0,0 @@
-<com:TContent ID="Main">
-
-<h1>Melakukan Koneksi DB</h1>
-
-<p>
-Untuk menggunakan database yang baru saja kita buat, pertama kita perlu melaksanakan koneksinya.
-</p>
-
-<p>
-Kita akan menggunakan <a href="http://www.pradosoft.com/demos/quickstart/?page=Database.DAO">Data Access Objects (DAO)</a> untuk memisahkan mekanisme akses data kita. Jika nanti kita menggunakan DBMS yang berbeda (misalnya PostgreSQL, Oracle) untuk menyimpan data blog, kita hanya perlu mengubah nama sumber database atau data source nama (DSN) dam kita dapat menjaga kode PHP kita tetap utuh.
-</p>
-
-<com:NoteBox>
-Untuk menggunakan DAO, anda harus menginstalasi dan menghidupkan <a href="http://www.php.net/manual/en/ref.pdo.php">ekstensi PDO PHP</a> <i>dan</i> driver PDO spesifik-database (dalam kasus kita, itu adalah driver SQLite PDO). Ini bisa dilakukan secara mudah pada Windows dengan mengubah file <tt>php.ini</tt>, menambahkan baris berikut:
-<com:TTextHighlighter CssClass="source">
-extension=php_pdo.dll
-extension=php_pdo_sqlite.dll
-</com:TTextHighlighter>
-</com:NoteBox>
-
-<p>
-Selanjutnya untuk memisahkan tabel database sebenarnya, kita juga akan menggunakan fitur <a href="http://www.pradosoft.com/demos/quickstart/?page=Database.ActiveRecord">Rekaman Aktif</a> (AR). Setiap rekaman data akan disajikan sebagai obyek Rekaman Aktif yang mampu melakukan query, menyimpan dan menghapus tanpa menulis pernyataan SQL.
-</p>
-
-<p>
-Kita memodifikasi file konfigurasi aplikasi kita <tt>protected/application.xml</tt> dengan menyisipkan baris berikut, yang memberitahu Rekaman Aktif bagaimana untuk menghubungkan ke database yang baru saja kita buat:
-</p>
-
-<com:TTextHighlighter CssClass="source" Language="xml">
-<modules>
- <module id="db" class="System.Data.TDataSourceConfig">
- <database ConnectionString="sqlite:protected/data/blog.db" />
- </module>
- <module class="System.Data.ActiveRecord.TActiveRecordConfig" ConnectionID="db" />
-</modules>
-</com:TTextHighlighter>
-
-<p>
-Konfigurasi di atas memperlihatkan bahwa kita menambahkan dua <a href="http://www.pradosoft.com/demos/quickstart/?page=Fundamentals.Modules">modul</a> pada aplikasi kita. Modul <tt>TDataSourceConfig</tt> dikonfigurasi dengan string koneksi <tt>sqlite:protected/data/blog.db</tt> yang mengarah ke SQLite database kita. Koneksi ini dipakai oleh modul <tt>TActiveRecordConfig</tt> yang dibutuhkan leh Rekaman Aktif.
-</p>
-
-<com:InfoBox>
-Seseorang dapat menyiapkan dua atau lebih koneksi DB dalam konfigurasi aplikasi. Untuk lebih jelasnya, lihat <a href="http://www.pradosoft.com/demos/quickstart/?page=Database.ActiveRecord">Dokumentasi Rekaman Aktif</a>. Dan tentunya, seseorang juga bisa secara eksplisit membuat koneksi DB dalam kode PHP menggunakan komponen <a href="http://www.pradosoft.com/demos/quickstart/?page=Database.DAO">TDbConnection</a> dalam PDO.
-</com:InfoBox>
-
-</com:TContent> \ No newline at end of file